photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Monday, December 17, 2012

Red Choux Vanilla Creme


Choux pastry atau kue sus yang aku coba bikin kali ini beda dari biasanya. Kali ini kue susnya dikasih topping yang krenyes seperti biskuit. Di dalam dunia kuliner, toppingnya ini disebut sable, yang dalam bahasas Perancis berarti pasir. Saat dimakan, memang toppingnya ini akan berderai seperti pasir. Faatih suka banget dengan toppingnya ini, maybe next time i'll make it as a cookies indeed :)

Anyway, hari ini udah tanggal 17 Desember 2012. Sejak tanggal 15 sudah sangat banyak acara hampir diseluruh Qatar. Puncaknya besok, perayaan National Day nya Qatar. Acara routine tanggal 18 adalah parade di pagi hari dan fireworks di malam harinya. Sepertinya besok aku bakalan nonton fireworks nya aja di malam hari,, wihhh siap-siap jaket,, secara lagi dingin,, brrrrr :)


Pertama kali lihat resep kue ini di Sajian sedap. Aku langsung tertarik dengan presentasi dan warnanya. Ehm, cocok banget ya warnanya sangat matching dengan warna kebangsaan Qatar. Ya udah, akhirnya diniatin untuk bikinnya hari ini, karena untuk besok rencananya aku mau coba bermain-main dengan butter cream di cupcakes :)

Ternyata rasanya enak loh. Faatih doyan, tapi tanda filling. Faatihkan emang ga doyan tuh dengan yang sifatnya lembek-lembek. Begitu mateng, sus kecilnya langsung abis 3 buah ama Faatih,, hehehee. Ada sedikit perubahan atau modifikasi yang aku lakukan pada resep ini. 


Red Choux Vanilla Creme
Original recipe: Sajian Sedap
Modified: Nony Aska Daulika

Bahan Choux:
100 gram mentega tawar (aku pake 75 gr)
50 gram margarin (aku pake 75 gr)
1 1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh garam
360 ml air
200 gram tepung terigu protein sedang
225 gram telur (tadi aku pake 5 kuning telur, 4 putih telur)

Bahan Red Sable:
100 gram gula palem
100 gram mentega tawar biarkan suhu ruang
110 gram tepung terigu protein sedang (aku pake 125 gr)
2 gram pewarna merah bubuk (aku pake 1 1/2 sdt pewarna cair rough red foster & clark)

Bahan Isi:
250 ml susu cair
85 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
30 gram maizena
2 kuning telur, kocok lepas
1 batang vanila, keruk isinya (aku pake 1 sdt vanilla susu L'Arome)
50 gram mentega tawar dingin, potong-potong
300 gram krim kocok (aku pake 125 gr butter cream)



Cara membuat:
1. Sable, campur mentega tawar dengan gula palem, kocok hingga lembut. Tambahkan tepung terigu dan pewarna merah bubuk (aku pewarna cair dulu baru terigu), aduk rata. Giling adonan hingga tipis 0,3 cm. Dinginkan. Keluarkan potong sebagian dengan ring 5 cm dan sebagian lagi dengan ring 3 cm. Dinginkan kembali.

2. Isi, rebus susu cair, gula pasir, dan garam (aku disini masukin vanilla susunya) sambil diaduk sampai panas. Kentalkan dengan larutan maizena. Masak sambil diaduk sampai meletup-letup. Matikan api. Masukkan kuning telur, aduk cepat. Masak kembali di atas kompor, aduk hingga meletup-letup kembali. Tambahkan biji vanila (aku skip), aduk rata lalu angkat. Tambahkan mentega sedikit-sedikit sambil diaduk hingga menyatu. Dinginkan. lalu campurkan dengan krim kocok (aku pake butter cream yang tidak manis).


3. Choux, campurkan mentega tawar, margarin, gula pasir, garam, dan air. Masak hingga mendidih, lalu matikan api. Masukkan tepung terigu, lalu aduk hingga kalis. Nyalakan api kembali lalu aduk kembali hingga menyatu. Pindahkan adonan kedalam bowl. Kocok dengan kecepatan sedang hingga uap panas keluar. Tambahkan telur sedikit-sedikit sambil dikocok rata. Masukkan kedalam plastik semprot.
4. Semprot 1/2 bagian adonan ukuran diameter 5 cm. Semprot sisa adonan ukuran 2 cm diatas silpat yang disemprotkan sedikit air. Letakkan sable diatasnya. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius 30 menit. Turunkan suhunya menjadi 180 derajat celsius hingga matang dan kering.
5. Lubangi bagian belakang choux. Semprot dengan isi.
Ambil choux yang besar. Semprot sedikit isi. Beri cokelat. Semprot lagi dengan sedikit isi. Letakkan choux yang kecil diatasnya. Aku hanya pake kertas. Hias, dan hidangkan :)

Untuk 15-20 pasang

Selamat mencoba Moms :)


3 comments:

Unknown said...

Kira-kira klo di masak bukan di atas slipat hasilnya gimana ya ??

Unknown said...

Kira-kira klo di masak bukan di atas silpat gimana ya hasilnya ?, Saya biasa manggang sus diatas loyang saja.

Nony Aska Daulika said...

Mungkin bisa aja ya Endra,, mungkin pake silpat menghindari kemungkinan lengket jadi merusak kue saja :)