Sunday, March 17, 2013

Peuyeum (Tape Singkong) Goreng


          Beberapa waktu yang lalu sempat ngobrolin peuyeum, peuyeum goreng dan peuyeumbol ama temen disini, ada juga dengan bekas teman kuliah. Kok jadi kebayang-bayang. Duh kalo tinggal di Indonesia sih enak ya, apalagi kalo di Bandung. Tinggal ke pasar beli peuyeum, atau nunggu si emang yang manggul peuyeum lewat, trus goreng deh. Kalo mau lebih gampangnya lagi, ya tinggal beli peuyeum gorengnya aja langsung heheheee.  
          Berhubung menjadi istri yang baik dan setia menemani suami di negri gurun ini, maka kalo pengen peuyeum goreng, ya harus bikin dulu peuyeumnya sendiri, baru digoreng. Maka dimulailah pembuatan peuyeumnya. Kupas singkong, cuci lalu dikukus. Setelah itu dinginkan hingga benar-benar dingin. Taburi dengan bubuk ragi khusus tapi, simpan diwadah tertutup, lalu nunggu deh 3 hari. Alhamdulillah setelah 3 hari si tape jadi dan manis, asyikkkk!!!
          Kemudian dimulailah pembuatan singkong goreng ini. Adonan pembalutnya aku buat dari campuran terigu dengan sedikit tepung beras dan tepung jagung (corn starch), dan sedikit garam dan gula. Aduk rata, kemudian tambahkan air dingin secukupnya sampai kental. Celupkan tape ke adonan tepung lalu goreng dengan minyak panas sedang hingga kecoklatan dan matang. Sajikan hangat bersama teh atau kopi, duhhhh mantebbb deh. Kebayar perjuangan nungguin 3 harinya hehheeee :)

Selamat Mencoba ya Moms :)

3 comments:

Satri4 said...

Inspiratif & sangat menarik, bisa di coba ntar..

Satri4 said...

Inspiratif & sangat menarik, bisa di coba ntar..

Nony Aska Daulika said...

Terima kasih,,,
semoga sukses ya percobaannya :)