Saturday, April 20, 2013

Chocolate Chiffon Cake


Akhirnya,,,, bikin juga deh ini chiffon coklat hehheeee. Sepertinya setelah bikin yang satu ini, tuntas juga rasa penasaran mencoba berbagai varian chiffon. Masih banyak sih yang belum dicobain, tapi sepertinya cukup dulu hehheee, mulai bosen ngemil kue chiffon :). Ntar kalo kangen lagi,, kita lanjutkan deh eksperimen bersama aneka chiffon nya yaaa,,

Bikin chiffon kali ini udah sore, walhasil baru dikeluarin dari loyang ya malem deh. Dan diphoto seadanya tanpa pencahayaan khusus, property khusus juga ga pake difuser. Pokoknya diphoto blas dimeja ruang tamu, wessss gitu aja hehheee,,


Chocolate Chiffon Cake
Source: Endhy Priyono

Bahan I
8 buah kuning telur
200 ml susu UHT coklat
75 ml minyak goreng
1 sdt vanilla ekstrak
150 gr tepung terigu (ayak)
50 gr coklat bubuk (ayak), pilih yang kualitasnya bagus
1/2 sdt bumbu spekoek (optional)
1/2 sdt baking powder
1 sdt garam

Bahan II
8 buah putih telur
175 gula pasir

Taburan: Almond slice atau gula halus

Cara membuat:
1. Aduk kuning telur, susu, garam dan vanilla hingga rata. Kemudian tambahkan terigu dan coklat bubuk hingga rata. Kemudian tambahkan minyak hingga rata. (Bisa menggunakan whisker saja).
2. Kocok bahan II hingga soft peak, lalu campurkan ke bahan I secara bertahap dan aduk pelan hingga rata.
3. Cetak dalam loyang chiffon tanpa olesan apapun. Panggang 160 degC selama 35 menit, lalau taburi dengan almond slice, kemudian panggang lagi selama 75 menit.
4. Setelah matang, keluarkan dari oven, lalu balikkan hingga dingin, baru keluarkan dari loyang.

Selamat mencoba moms :)

2 comments:

tetha pevylia said...

mo nyobain yang ini ah jeng, gampang keknya,hihi
tar hasil tak aplot di blog ku :)

Nony Aska Daulika said...

Seipppp jeng Tetha,, tapi aku sangat recomended yang chiffon pandan dan wortel atau jerukkk,, yummy,,, hehheee tapi selera masing-masing yaaaa :)
aku tunggu loh postingannya :D